Selamat Datang di Website Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kabupaten Bengkalis, Visi : "Terwujudnya Pelayanan Perizinan dan Nonperizinan Terbaik serta Peningkatan Investasi Tahun 2021".
 

SEKTOR KESEHATAN

LOKASI : KABUPATEN BENGKALIS
KLASIFIKASI PROYEK : SEKTOR KESEHATAN
PENANGGUNGJAWAB : DINAS KESEHATAN
PEMILIK PROYEK : PEMERINTAH KABUPATEN BENGKALIS

A. Uraian Proyek

1. Umum

Tanpa berharap semakin banyak orang sakit, sektor jasa kesehatan khususnya rumah sakit, punya ruang bertumbuh besar dalam beberapa tahun mendatang. tak ketinggalan tantangan yang menyertainya.

Kesehatan adalah salah satu kebutuhan utama yang dimiliki setiap manuasia, sebab percuma saja menjalani hidup didunia ini tetapi memiliki berbagai penyakit yang menggerogoti. Kita bisa saksikan sendiri disekitar kita ada orang yang menderita suatu penyakit, bahkan bisa dibilang sangat jarang orang yang benar-benar sehat 100%.

Misalnya sederhana, walaupun ada orang yang terlihat sehat, tetapi metabolisme tubuhnya belum tentu demikian juga, kesehatan tidak bisa hanya dilihat dari kondisi fisik yang terlihat saja. Sebab mungkin kita menilai seseorang sehat tetapi didalamnya bisa saja sakit. Nah bagi kita para wirausahawan atau pebisnis, tentu ini bisa jadikan lahan untuk mencari pendapatan kita bukan ? Bukannya memanfaatkan situasi seperti ini, tetapi memang sah-sah saja jika membuka bisnis atau usaha dbidang seperti ini.

B. Peluang Bisnis Kesehatan

Ketika kita membuka usaha, pasti wajib memperhitungkan segala sesuatunya bukan? termasuk pelanggan, tempat, aktivitas kerja dan sebagainya. Jika kita mau membuka mata dan memperhatikan sejenak, toko-toko obat atau sarana-sarana kesehatan tidak pernah sepi dikunjungi orang. Indikasi diatas menandakan adanya peluang besar dalam bisnis yang bergerak dibidang kesehatan ini. Walaupun jumlah pebisnis dibidang kesehatan ini juga banyak, kita tidak perlu takut akan kekurangan pelanggan, sebab seperti yang kita ketahui tadi bahwa pasti ada saja orang yang memiliki penyakit atau keluhan kesehatan. Jadi sekali lagi, tidak perlu tahut maslah peluang di bidang bisnis yang satu ini.

C. Bisnis di Bidang Kehatan

Dalam pelaksanaan bisnis di bidang kesehatan ini, kita akan menemukan cara yang beragam atau cabang dari bisnis ini yang sifatnya bervariasi. Kita tahu, bahwa bisnis di bidang kesehatan ini tidak hanya menyangkut obat-obatan saja, tetapi hal lainnya. Cara lainnya diantaranya adalah :

1. Klinik

Jika anda memiliki keahlian di bidang kedokteran, maka peluang yang paling besar terletak di cara yang satu ini. anda bisa membuka usaha klinik kesehatan masyarakat di daerah-daerah yang padat penduduk dan masih jarang terdapat klinik masyarakat seperti ini. Dengan begitu, anda bisa menangani pasien sekaligus menjual obat-obatannya juga . Walaupun memang membutuhkan keahlian dan modal yang tidak sedikit, tetapi peluang dari bisnis yang satu ini sangat besar dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk maju dan berkembang, sebab akan banyak juga pasien yang datang. :

2. Rumah Sakit

Biasanya rumah sakit adalah bidang usaha kesehatan yang tidak hanya dimiliki satu orang saja, tetapi ada beberapa pihak yang memiliki hak kepemilikan atasnya. Tak jarang ada juga dokter-dokter yang bergandengan tangan untuk mendirikan rumah sakit swasta dan mengelolanya bersama-sama. :

Ketika kondisi ini memungkinkan bagi anda, anda bisa membangun usaha rumah sakit ini. Dibandingkan dengan usaha klinik biasa, rumah sakit sudah pasti akan lebih baik lagi peluangnya, tetapi perlu persiapan yang matang. Kesiapan segala sesuatunya mulai dari tenaga kerja hingga sistem, bangunan atau tempat dan lain sebagainya. dan modal yang dikeluarkan untuk bisnis jenis ini juga besar. Tetapi ketika semua sudah berjalan, maka kemajuan tidak akan sulit untuk diraih. :

3. Bidan

Bidan juga merupakan suatu cara yang bisa dilakukan untuk menggeluti bisnis yang berada dalam lingkup kesehatan manusia. Bidan adalah tempat yang dituju ketika seseorang bersalin atau melahirkan anaknya. Ketika mereka kekurangan uang dan tidak mampu membayar biaya rumah sakit, maka inilah rujukan yang paling baik yang bisa mereka tuju dan gunakan jasanya. jadi, jika anda memiliki passion di bidang yang satu ini, maka anda bisa membuka usaha ini. Tetapi peluangnya tentu lebih kecil dari klinik dan rumah sakit. :

4. Apotek/ Toko Obat

Apotek dan toko obat adalah usaha yang paling banyak digeluti di bidang kesehatan ini. Jika kita tidak memiliki ilmu kedokteran atau sejenisnya, tetapi hanya mengerti masalah obat-obatan, maka usaha yang satu ini yang paling cocok untuk kita. Atau ketika kita tidak memiliki keahlian dalam peracikan obat-obatan pun, kita bisa menjalankannya, tinggal cari tenaga kerja yang kompeten dan mempekerjakannya. Sebab modal untuk usaha di bidang kesehatan yang satu ini tidak terlalu besar, jika dibandingkan dengan cara-cara yang sudah disebutkan diatas. Dan untuk mengurus perizinan apotek atau toko obat juga tidaklah sulit dan kompleks, seperti klinik atau rumah sakit. Inilah mengapa ada banyak toko obat atau apotek di sekitar kita. Dan jika kita perhatikan, tempat tersebut selalu ramai dikunjungi orang bukan? Jadi tidak perlu takut akan pelanggan. :

5. Psikiater

Psikiater ini menyangkut masalah kejiwaan, dan bukan kegilaan. Di era global sekarang ini, psikiater sangat penting keberadaannya, sebab disamping kemajuan zaman dan peradaban manusia, ada efek tertentu yang mengganggu kesehatan kejiwaan banyak orang. Contoh sederhananya adalah masalah percintaan atau karir, ada banyak orang yang mengalami permasalahan di bidang itu dan akhirnya mereka menjadi down dan mulai terganggu pola pikir atau sejenisnya. Disinilah peranan psikiater. Demikian juga untuk masalah anak-anak, orang tua zaman sekarang cenderung menyerahkannya pada psikiater. Inilah peluang bisnis di bidang kesehatan, mari kenali dimana bakat anda dan mana jenis usaha yang cocok di bidang kesehatan ini. :

6. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan, sektor ini juga memiliki nilai yang sangat menjanjikan dan juga lebih penting serta dibutuhkan banyak orang. Asuransi, dapat menjembatani masyarakat sehingga mereka tidak harus mengeluarkan dana dalam jumlah besar secara mendadak ketika sakit. :

- Peraturan Daerah

  1. Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalius Nomor 11 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Bengkalis Tahun 2016-20121.

- Lisensi

  1. Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis
  2. Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis
 
DATA TERKAIT :
     
    Perizinan Sektor Pertanahan

    Link Website